PAPER - KESELAMATAN (iman Kristen)
KESELAMATAN
Aneka Pikiran tentang Keselamatan
Ada
dua pendapat tentang keselamatan pada umumnya, yaitu, keselamatan itu sudah
dimiliki sejak menjadi Kristen tetapi ada juga yang berpendapat keselamatan itu masih sedang dalam proses. Dalam
pandangan sifat dan tempat kedudukan secara vertical, menekankan kepada
pertobatan, pengampunan dosa, pemulihan hubungan dan mengangkat anak. Sedangkan
secara horizontal, keselamatan dipandang
sebagai penghilangan retaknya persahabatan, pemulihan hubungan baik
secara pribadi maupun social. Sehingga dari kedua pandangan ini menghasilakan ”
teologi hubungan”. Dalam sarana memperoleh
keselamatan ada dua pandangan yaitu, melalui sakramen seperti yang terdapat
pada Katolik Roma dan melalui tindakan moral. Arah gerakan dalam keselamatan
memiliki dua pandangan, yaitu, pandangan untuk mengubah masyarakat atau
lingkungan karena beranggapan bahwa manusia jahat karena lingkungan dan pandangan
yang kedua, mengubah individu terlebih dahulu maka secara otomatis lingkungan
akan berubah.
Pemahaman-pemahaman
masa kini tentang keselamatan
1.
Teologi Pembebasan
Keselamatan bagi pandangan teologi ini adalah
pembebasan, ini dikemukakan oleh karena Tuhan selalu menolong orang, kelompok
dan bangsa yang tertindas atau mengalami penganiayaan atau mengalami rasisme
dan bahkan Tuhan datang ke dunia ini hanya untuk mereka yang belum mengalami
kemerdekaan atau.
2.
Teologi Eksistensial
Bulmann
berkesimpulan bahwa manusia cenderung hanya memikirkan diri sendiri serta hanya
hidup untuk diri sendiri bahkan mengandalkan kekuatannya sendiri dan mengabaikan yang sesuatu yang tidak kelihatan
yaitu Allah dan Firmannya.
3.
Teologi Sekular
Menurut
Benhoeffer bahwa teologi sekular mengajarkan agar manusia hidup mandiri yaitu
hidup dengan tidak bergantung kepada Allah, dengan demikian Allah sedang
mendidik manusia, dengan demikian Allah sedang bekerja dalam sekularisasi.
4.
Teologi Roma-Katolik Masa Kini
Bagi
gereja Roma-Katolik, gereja merupakan satu-satunya saluran anugerah Allah yaitu
melalui sakramen-sakramen yang diadakan gereja.
5.
Teologi Injili
Pandangan
teologi ini ialah kedudukan hukum seseorang harus diubah dari bersalah yang
dinyatakan adil dan benar dipemandangan Allah yang disebut pembenaran. Setelah
itu manusia harus hidup dalam rangka
membangun hubungan dengan Allah dengan meninggalkan kehidupan yang lama dan
hidup dalam anugerah keselamtan Allah.
Anugerah Umum
A.
Asal Mula Doktrin Augerah Umum
a. Persoalan
dan apa yang berkaitan dengannya.
Orang-orang yang hidup
berdampingan dengan orang Kristen tetapi hidupnya penuh dengan berkat, memilki
kebaikan dan keindahan tetapi tidak pernah ditebus dengan karya Yesus.
b. Sikap
Austinus terhadap doktrin di atas.
Setiap orang yang hidup di luar
Kristen dapat berbuat baik karena merupakan sifat alamiah yang dimilikinya
sebagai manusia.
c. Pandangan
yang berkembang selama abad pertengahan.
Adanya anastesis natur dan supranatural oleh teologi Roma
–Katolik dimana manusia diberikan kemampuan supranatural untuk dapat melakukan
sesuatu yang natur. Walaupun demikian ada yang setuju dan banyak pula yang
tidak setuju dengan anastesis ini.
d. Pandangan
para Reformator dan teologi Reformed.
Luther berpendapat bahwa
manusia yang jatuh dalam dosa maka naturnya yang membuat manusia itu dapat
melakukan banyak kebaikan. Zwingli beranggapan bahwa anugerah Allah yang
menyucikan dosa dan bukan mengampuni. Calvin bahwa anugerah umum diberikan
kepada setiap orang untuk melakukan kebaikan tetapi tidak menyelamatkan.
Teologi Reformed menganut doktrin Calvin dalm waktu yang lama.
B.
Nama dan
Konsep dari Anugerah Umum
a) Nama.
Anugerah Allah dapat menjadi
umum tanpa harus menyeluruh atau universal dan itu merupakan inti dari seluruh
penjabaran yang telah dilakukan oleh Dr. H. kuiper dengan menggunakan doktrin
Calvin.
b) Konsep.
Anugerah khusus hanya untuk
orang yang percaya kepada Yesus dan anugerah
khusus juga yang membawa orang untuk percaya kepada Yesus dan menerimanya
sebagai Tuhan dan sifatnya menyelamatkan. Sedangkan anugerah umum tidak membawa
keselamatan dan hanya membawa orang hidup dalam moral dengan tuntunan Roh Kudus
yang bersifat umum.
C.
Anugerah Umum dan Karya Penebusan Kristus
Berkat-berkat
alamiah yang penting diberikan kepada seluruh umat manusia dari
kematian Kristus baik orang percaya maupun orang tidak percaya dan itu
dinamakan berkat-berkat umum.
D.
Hubungan Antara Anugerah Umum dan Anugerah
Khusus
Anugerah
khusus menanggung segala sesuatu yang berhubungan dengan ciptaan baru dan
sedangkan anugerah umum memperkaya gereja dengan berkat-berkatnya.
E.
Sasaran yang dipakai oleh Anugerah Umum
Sarana
yang terpenting yang dipakai oleh anugerah umum:
I.
Terang Whayu Allah
Wahyu merupakan buah dari
anugerah umumyang berfungsi untuk membimbing hati nurani dari manusia
jasmaniah.
II.
Pemerintahan
Pemerintah merupakan sarana
dari anugerah umum. Memberontak kepada pemerintah sama artinya dengan
memberontak kepada aturan yang ditetapkan Allah.
III.
Pendapat umum
IV.
Penghukuman dan penghargaan Ilahi
Tuhan member upah kepada
perbuatan baik sesuai dengan hokum Ilahi, menjadi sarana yang sangat baik dalam
menahan kejahatan di dunia ini.
F.
Buah-buah Anugerah Umum
Buah-buah
yang didapat dari anugerah umum:
a. Pelaksananaan
hukuman tidak segera dilaksanakan
Allah tidak langsung memotong
kehidupan manusia untuk bertobat sehingga mendapatkan pengampunan.
b. Pengdilan
dosa
Melalui anugerah umum dosa
dikendalikan di dalam setiap individu dan di dalam masyarakat sehingga
elemen-elemen kecemaran yang memasuki kehidupan umat manusia tidak diperkenankan melaksanakan
seluruh pekerjaan penghancuran pada masa sekarang ini.
c. Perlindungan
terhadap beberapa pengertian tertentu kebenaran, moralitas dan agama
Anugerah umum membuat manusia
masih dapat mempertahankan pengertian tentang sesuatu yang benar, yang baik dan
yang indah dan manusia sering dapat menghargai kebaikan.
d. Penampilan
kebaikan dan kebenaran sipil
Anugerah umum memungkinkan
manusia dapat melaksanakan sesuatu yang dianggap benar dalam masyarakat sipil
atau persoalan-persoalan biasa yang berbeda dengan apa yang benar dalam
persoalan religious.
e. Banyak
berkat jasmaniah
Segala berkat jasmaniyang
diterima manusia itu karena adanya anugerah umum.
G.
Keberatan Terhadap Doktrin Anugerah Umum
Beberapa
keberatan terhadap anugerah umum:
a. Kaum
Arminian tidak puas dengan doktrin ini karena doktrin ini kurang meluas dan
doktrin ini merupakan bagian integral dari seluruh proses keselamatan.
b. Doktrin
ini sama sekali tidak mengatakan ataupun mengandung pengertian bahwa Allah
bertujuan menyelamatkan semua orang melalui darah Kristus.
c. Doktrin
ini memberikan presuposisi suatu kecendrungan yang disukai dalam Tuhan, bahkan
juga pada orang berdosa yang dibuang sekalipun kita tidak mempunyai hak
berasumsi seperti itu dalam diri Allah.
d.
Anabaptis tidak setuju dengan doktrin ini karena
mencakup pengertian adanya elemen-elemen yang baik dari susunan alam dan
benda-benda lain. Anabaptis merendahkan alam semesta dan menganggap Adam adalah
orang yang sangat duniawi dan hanya melihat ketidakmurnian dalam seluruh alam
semesta.
Komentar
Posting Komentar