PAPER - KESELAMATAN (iman Kristen)


KESELAMATAN
Aneka Pikiran tentang Keselamatan
Ada dua pendapat tentang keselamatan pada umumnya, yaitu, keselamatan itu sudah dimiliki sejak menjadi Kristen tetapi ada juga yang berpendapat  keselamatan itu masih sedang dalam proses. Dalam pandangan sifat dan tempat kedudukan secara vertical, menekankan kepada pertobatan, pengampunan dosa, pemulihan hubungan dan mengangkat anak. Sedangkan secara horizontal, keselamatan dipandang  sebagai penghilangan retaknya persahabatan, pemulihan hubungan baik secara pribadi maupun social. Sehingga dari kedua pandangan ini menghasilakan ” teologi hubungan”.  Dalam sarana memperoleh keselamatan ada dua pandangan yaitu, melalui sakramen seperti yang terdapat pada Katolik Roma dan melalui tindakan moral. Arah gerakan dalam keselamatan memiliki dua pandangan, yaitu, pandangan untuk mengubah masyarakat atau lingkungan karena beranggapan bahwa manusia jahat karena lingkungan dan pandangan yang kedua, mengubah individu terlebih dahulu maka secara otomatis lingkungan akan berubah.

Pemahaman-pemahaman masa kini tentang keselamatan
1.       Teologi Pembebasan
Keselamatan bagi pandangan teologi ini adalah pembebasan, ini dikemukakan oleh karena Tuhan selalu menolong orang, kelompok dan bangsa yang tertindas atau mengalami penganiayaan atau mengalami rasisme dan bahkan Tuhan datang ke dunia ini hanya untuk mereka yang belum mengalami kemerdekaan atau.
2.       Teologi Eksistensial
Bulmann berkesimpulan bahwa manusia cenderung hanya memikirkan diri sendiri serta hanya hidup untuk diri sendiri bahkan mengandalkan kekuatannya sendiri dan  mengabaikan yang sesuatu yang tidak kelihatan yaitu Allah dan Firmannya.
3.       Teologi Sekular
Menurut Benhoeffer bahwa teologi sekular mengajarkan agar manusia hidup mandiri yaitu hidup dengan tidak bergantung kepada Allah, dengan demikian Allah sedang mendidik manusia, dengan demikian Allah sedang bekerja dalam sekularisasi.
4.       Teologi Roma-Katolik Masa Kini
Bagi gereja Roma-Katolik, gereja merupakan satu-satunya saluran anugerah Allah yaitu melalui sakramen-sakramen yang diadakan gereja.


5.       Teologi Injili
Pandangan teologi ini ialah kedudukan hukum seseorang harus diubah dari bersalah yang dinyatakan adil dan benar dipemandangan Allah yang disebut pembenaran. Setelah itu manusia harus hidup dalam  rangka membangun hubungan dengan Allah dengan meninggalkan kehidupan yang lama dan hidup dalam anugerah keselamtan Allah.


Anugerah Umum
A.      Asal Mula Doktrin Augerah Umum
a.       Persoalan dan apa yang berkaitan dengannya.
Orang-orang yang hidup berdampingan dengan orang Kristen tetapi hidupnya penuh dengan berkat, memilki kebaikan dan keindahan tetapi tidak pernah ditebus dengan karya Yesus.
b.      Sikap Austinus terhadap doktrin di atas.
Setiap orang yang hidup di luar Kristen dapat berbuat baik karena merupakan sifat alamiah yang dimilikinya sebagai manusia.
c.       Pandangan yang berkembang selama abad pertengahan.
Adanya anastesis  natur dan supranatural oleh teologi Roma –Katolik dimana manusia diberikan kemampuan supranatural untuk dapat melakukan sesuatu yang natur. Walaupun demikian ada yang setuju dan banyak pula yang tidak setuju dengan anastesis ini.
d.      Pandangan para Reformator dan teologi Reformed.
Luther berpendapat bahwa manusia yang jatuh dalam dosa maka naturnya yang membuat manusia itu dapat melakukan banyak kebaikan. Zwingli beranggapan bahwa anugerah Allah yang menyucikan dosa dan bukan mengampuni. Calvin bahwa anugerah umum diberikan kepada setiap orang untuk melakukan kebaikan tetapi tidak menyelamatkan. Teologi Reformed menganut doktrin Calvin dalm waktu yang lama.
B.      Nama  dan Konsep dari Anugerah Umum
a)      Nama.
Anugerah Allah dapat menjadi umum tanpa harus menyeluruh atau universal dan itu merupakan inti dari seluruh penjabaran yang telah dilakukan oleh Dr. H. kuiper dengan menggunakan doktrin Calvin.
b)      Konsep.
Anugerah khusus hanya untuk orang yang percaya kepada Yesus dan anugerah  khusus juga yang membawa orang untuk percaya kepada Yesus dan menerimanya sebagai Tuhan dan sifatnya menyelamatkan. Sedangkan anugerah umum tidak membawa keselamatan dan hanya membawa orang hidup dalam moral dengan tuntunan Roh Kudus yang bersifat umum.
C.      Anugerah Umum dan Karya Penebusan Kristus
Berkat-berkat alamiah  yang penting  diberikan kepada seluruh umat manusia dari kematian Kristus baik orang percaya maupun orang tidak percaya dan itu dinamakan berkat-berkat umum.

D.      Hubungan Antara Anugerah Umum dan Anugerah Khusus
Anugerah khusus menanggung segala sesuatu yang berhubungan dengan ciptaan baru dan sedangkan anugerah umum memperkaya gereja dengan berkat-berkatnya.
E.       Sasaran yang dipakai oleh Anugerah Umum
Sarana yang terpenting yang dipakai oleh anugerah umum:
                                I.            Terang Whayu Allah
Wahyu merupakan buah dari anugerah umumyang berfungsi untuk membimbing hati nurani dari manusia jasmaniah.
                              II.            Pemerintahan
Pemerintah merupakan sarana dari anugerah umum. Memberontak kepada pemerintah sama artinya dengan memberontak kepada aturan yang ditetapkan Allah.
                            III.            Pendapat umum
                            IV.            Penghukuman dan penghargaan Ilahi
Tuhan member upah kepada perbuatan baik sesuai dengan hokum Ilahi, menjadi sarana yang sangat baik dalam menahan kejahatan di dunia ini.
F.       Buah-buah Anugerah Umum
Buah-buah yang didapat dari anugerah umum:
a.       Pelaksananaan hukuman tidak segera dilaksanakan
Allah tidak langsung memotong kehidupan manusia untuk bertobat sehingga mendapatkan pengampunan.
b.      Pengdilan dosa
Melalui anugerah umum dosa dikendalikan di dalam setiap individu dan di dalam masyarakat sehingga elemen-elemen kecemaran yang memasuki kehidupan umat  manusia tidak diperkenankan melaksanakan seluruh pekerjaan penghancuran pada masa sekarang ini.
c.       Perlindungan terhadap beberapa pengertian tertentu kebenaran, moralitas dan agama
Anugerah umum membuat manusia masih dapat mempertahankan pengertian tentang sesuatu yang benar, yang baik dan yang indah dan manusia sering dapat menghargai kebaikan.
d.      Penampilan kebaikan dan kebenaran sipil
Anugerah umum memungkinkan manusia dapat melaksanakan sesuatu yang dianggap benar dalam masyarakat sipil atau persoalan-persoalan biasa yang berbeda dengan apa yang benar dalam persoalan religious.
e.      Banyak berkat jasmaniah
Segala berkat jasmaniyang diterima manusia itu karena adanya anugerah umum.
G.     Keberatan Terhadap Doktrin Anugerah Umum
Beberapa keberatan terhadap anugerah umum:
a.       Kaum Arminian tidak puas dengan doktrin ini karena doktrin ini kurang meluas dan doktrin ini merupakan bagian integral dari seluruh proses keselamatan.
b.      Doktrin ini sama sekali tidak mengatakan ataupun mengandung pengertian bahwa Allah bertujuan menyelamatkan semua orang melalui darah Kristus.
c.       Doktrin ini memberikan presuposisi suatu kecendrungan yang disukai dalam Tuhan, bahkan juga pada orang berdosa yang dibuang sekalipun kita tidak mempunyai hak berasumsi seperti itu dalam diri Allah.
d.      Anabaptis tidak setuju dengan doktrin ini karena mencakup pengertian adanya elemen-elemen yang baik dari susunan alam dan benda-benda lain. Anabaptis merendahkan alam semesta dan menganggap Adam adalah orang yang sangat duniawi dan hanya melihat ketidakmurnian dalam seluruh alam semesta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARAKTER SORANG HAMBA TUHAN

MENUJU KEESAAN GEREJA

NATUR GEREJA