KHARISMATIK



BAB I
PANDANGAN MENGENAI GERAKAN KHARISMATIK

Kata kharismatik berasal darisebuah kata Yunani, charis yang berartikasihkarunia.Kata charis digunakandalam Alkitab untukmenjelaskanmengenaiberbagai-bagaipengalamansupranaturalkhususnyayang terdapat dalam 1 Korintus 12-14. Gerakan Kharismatik adalah aliran agama Kristen yang bercirikan atau menonjolkan karunia rohani atau karunia-karunia Roh(gerakan Roh). Pandangan ini berdasar pada Alkitab Perjanjian Baru terutama Surat Roma, Surat I Korintus dan I Petrus.Gerakan Kharismatik dikenal juga dengan nama “Gerakan pentakosta Baru” dan boleh dikatakan bahwa gerakan kharsmati berpangkal gerakan pentakosta karena adanya kesamaan yaitu “Baptisan Roh dan Penyembuhan Ilahi”atau mengakui adanya kuasa Roh Kudus. Gerakan ini juga pada awalnya bersifat antardenominasi di dalam gereja-gereja arus umat Protestan dan Katolik. Banyak kaum Kharismatik pada akhirnya kemudian membentuk denominasi sendiri dalam gereja-gereja baru.
Aliran kharismatik sudah ada sejak zaman reformasi dikenal dengan nama Anabaptis, bahkan diperkirakan penganutnya sudah ada sejak gereja mula-mula abad kedua, yaitu yang dikenal dengan montanisme.Walaupun demikian sangat sulit untuk menentukan kapan dan di mana tepatnya Gerakan Karismatik mulai muncul sebagai gerakan yang berpengaruh di antara gereja-gereja arus utama. Namun demikian, pada umumnya Dennis Bennett, seorang dari Gereja Episkopal Amerika seringkali disebut-sebut sebagai pionir dari gerakan ini sekitar tahun 1960an.
            Ada beberapa negara yang mengalami pertumbuhan gerakan kharismatik yang mengalami peningkatan atau pertumbuahan yang sangat pesat selama beberapa dekade yaitu :
1.    pada tahun 1970, di Nigeria mengalami keterpurukan pertumbuhan ekonomi, infrastrukur dan permasalahan perbankan. Gerakan agama ini dilakukan bersama-sama dengan warga negara yang beragama lain seperti Islam Fundamental, Kristen Evangelical, dan mengajarkan kehidupan yang bermoral. Pertumbuhannya sangat cepat, hingga pada tahun 1991 Kristen Evangelical mencapai 6 juta penganut, sedangkan 1994 tercatat 400 ribu penganut Kharismatik.


2.    Di Amerika sendiri pada pasca Perang Dunia IItahun 1945, Gerakan Kharismatik ini mengalami kejayaan. Setelah kemenangan Amerika pada banyak tempat, termasuk pada Perang Korea (1950), Amerika mengalami perkembangan dalam industri dan berkelimpahan materi. Adanya kekosongan spiritual di Amerika, sehingga Gerakan Kharismatik mudah sekali disukai orang. Salah satu sebabnya adalah karena Teologi gerakan kharismatik juga mengajarkan Teologi Sukses.
3.    Sedangkan di Asia, Korea Selatan menjadi pelopor Gerakan Kharismatik yang sangat besar. Perkembangan gerakan kharismatik diawali dengan kemenangan Amerika Serikat pada Perang Korea (1950), kemudian gerakan ini dikenal oleh warga negara itu. Tokoh yang paling terkenal adalah Paul Yongi Cho. Melalui Seminar Pertumbuhan Gereja yang didakan di gereja Yoido Full Gospel Church Bahkan penyebaran sudah memasuki acara-acara dalam beberapa media, TV, dan promosi lainnya. Hingga sekarang ini pertumbuhan gerakan kharismatik di Korea Selatan mengalami pertumbuhan yang pesat dan banyak penginjil Korea selatan yang pergi menginjil ke seluruh dunia.
4.    Di Indonesia sendiri, gerakan kharismatik dimulai oleh kunjungan Ev. TL Osborn di beberapa kota besar di Jawa terutama di Surabaya pada tahun 1954. Di tanah Timor tepatnya di Soe terjadi kebangunan rohani di kalangan gereja protestan pada bulan September 1965, di bawah pimpinan Mel Tari dan kawan-kawan mengalami pencurahan Roh Kudus yang dahsyat dan mujizat yang luar biasa yang belum pernah terjadi sebelumnya dan itu terjadi sebelum beberapa hari terjadi G30 S PKI. Oarang dapat berjalan di atas air dan air berubah menjadi anggur, pada saat itu ratusan ribu orang mengalami kelahiran baru dan memadati gereja-gereja yang ada. Hal ini di laporkan ole Mel tary dalam bukunya “Like A Mighty Wind dan The Gentle Breeze of Jesus”. Kunjungan Ev. Oral Roberts tahun 1968. Tapi kunjungan penginjil Morris Cerullo tahun 1970-1986 menjadi klimaks yang menumbuhkan Gereja Kharismatik yang besar sepeti GBI Bethany, GKPB, Gereja Kemenangan Iman dan lain-lain. Beberapa sinode gereja yang beraliran kharismatik di Indonesia, Bethany, GBI, JKI, Gererja Tiberias Indonesia. Dewasa ini pertumbuhan Gereja Kharismatik di Indonesia mengalami pertumbuhan melebihi gereja aliran lainnya.
            Walaupun gerakan kharismatik mengalami  popularitas dan pengaruh yang begitu besar secara luar biasa di seluruh dunia, namun tidak sedikit mendapatkan keritikan dari berbagai gereja kalangan Protestan dan Katolik karena dianggap menyimpang dari ajaran Alkitab dan menafsirkanisi alkitab secara tidak benar.Walaupun begitu banyak kritikan yang datang, Gerakan kharismatik semakin berkembang dengan cepat tak ubahnya seperti kereta api yang tanpa hambatan.
Gerekan kharismatik membawa para penganutnya untuk mengalami Tuhan secara langsung dalam pujian dan penyembahan sehingga mengalami pertumbuhan yang baik secara jasmani maupun secara rohani dimana itu merupakan sebuah keseimbangan yang sempurna dalam kehidupan manusia. Gereja kharismatik menawarkan sesuatu yang berbeda dari Gereja Protestan tentang adanya kelimpahan dalam dunia ini. Dalam acara besar seperti KKR (Kebaktian kebangunan Rohani) yang diadakan oleh Gereja Kharismatik disuatu tempat yang besar dan luas, Roh Kudus akan bekerja secara luar biasa melawat banyak orang yang datang dengan tanda-tanda mujizat seperti mengalami kesembuhan Ilahi, mengalami perjumpaan perjumpaan pribadi dengan Tuhan, dipulihkan hidupnya, dan lain sebagainya. Dengan demikian Gerakan Kharismatik dianggap sebagai sebuah agama baru di Indonesia oleh banyak gereja non Kharismatik.

















BAB II
PANDANGAN MEGENAI TEOLOGI KELIMPAHAN

            Teologi kelimpahan adalah teologi yang mendasarkan ajarannya pada pernyataan bahwa Allah yang dipercayai adalah Allah yang kaya sehingga orang yang percaya kepadaNya juga akan mengalami kelimpahan. Kelimpahan adalah sebuah ide yang diagungkan oleh penganut teologi kelimpahan atau teologi sukses. Penganut teologi kelimpahan beranggapan bahwa Tuhan tidak menghendaki seseorang menjadi miskin dan menganggap orang miskin tidak diberkati Tuhan. Kelimpahan ini pula yang ditentang oleh penganut teologi kemiskinan. Mereka beranggapan bahwa Tuhan mengajak manusia mencari dulu Kerajaan Allah dan menolak materialisme demi mengagungkan asketisme. Kedua teologi itu justru memperlebar jarak antara kaum kaya dan miskin. Padahal Tuhan menghendaki, “orang kaya dan orang miskin bertemu” (Amsal 22:2).
            Tuhan selalu berkarya melalui jembatan-jembatan untuk kemajuan gereja yaitu melalui gereja sel. Kalau gereja (semua warga gereja) diberkati baik secara hati dan materi atau dengan kata lain kalau hati dan kantong berlimpah maka akan ada kesaksian dan menjadi berkat bagi orang lain (diberkati untuk menjadi berkat bagi orang lain). Tuhan menginginkan anak-anakNya untuk hidup dalam kelimpahan karena segala sesuatu yang ada di dalam dunia ini diciptakan Tuhan untuk dikelola, dikembangkan dan dikuasai oleh anak-anak Tuhan. Dari awal penciptaan manusia, Tuhan memberikan air, makanan dan emas di Taman Eden (Kej 2:10-12), maka dari itu Tuhan tidak menginginkan anak-anakNya hidup dalam kemiskinan. Walaupun demikian bukan berarti anak-anak Tuhan tidak mengalami proses yang tidak enak atau masalah, Tuhan mengijinkan hal itu agar anak-anakNya menjadi orang yang tangguh dan mengandalkan Tuhan sepenuhnya, sehingga berkat-berkat yang Tuhan berikan dipergunakan dengan benar. Padang belntara bukan untuk menetap tapi untuk dilewati (walk true not walk in). Semua orang percaya punya tanah perjanjian untuk dimasuki ketika melewati proses Tuhan dengan benar.
            Beberapa ayat yang memuat tentang kelimpahan di dalam Perjanjian Baru, seperti Yoh 10:10, 3 Yoh 1:2 dan Filp 4:19, sehingga dari ayat-ayat tesebut, bisa dilihat bahwa Tuhan sangat menginginkan anak-anakNya hidup dalam kelimpahan. Tuhan itu bukan kenyataan karena kalau Dia kenyataan, maka Dia akan selalu berubah-ubah tetapi yang benar adalah tuhan itu kebenaran yang tidak berubah. di dalam Maz 23:1, “Tuhan adalah gembalku takkan kekurangan aku”, itu adalah kebenaran. Banyak anak Tuhan menyalahkan Tuhan atas kehidupan yang dialaminya seakan akan semuanya itu disebabkan oleh Tuhan. Mungkin tidak pernah menyalahkan tuhan secara langsung tetapi lewat sikap sering kali menunjukan sedang menyalahkan Tuhan.
            Tiga langkah untuk memiliki hidup dlam kelimpahan:
1.    Harus memilki hati yang dikasihi Tuhan.
2.    Didalam anugerah dan kasih kita punya hak untuk meminta.
Dari permintaanlah ketahuan sejauh mana anak-anakNya mempercayai Dia.
3.    Iman kelimpahan adalah proses yaitu berlatih.




















BAB III
PANDANGAN MENGENAI PERSEMBAHAN PERSEPULUHAN

Ketikaseorang Kristen atau orang percaya telahmemilikipenghasilansendiri, telahditentukanbagimereka agar kiranyadapatmenyerahkankembalisepersepuluhbagiandaripenghasilanataugajisebagaipersembahanucapansyukurkepadaTuhan (khusus bagi orang yang mengerti Firman Tuhan saja yang boleh melakukannya) atau persepuluhanjuga adalahberkat yang haruskitakembalikankepadaTuhansebesar 10%. Persepuluhanpadamulanyadiajarkankepadabangsa Israel (Mal 3:10).Pemberianpersembahanperpuluhandapatdiartikansebagaitandaorang percaya "mengingat" segalakebaikkanTuhan, yang telahmemberikan berkatmelaluipenghasilanmaupungaji yang telahdidapatkan. Olehkarenaitu, sudahselayaknyaanak-anakNya danhambaTuhan, menyerahkankembalibagian yang merupakanhakTuhandalambentukpersembahanucapansyukur.memberi persepuluhan kita harus memberikannya dengan penuh sukacita (2 Korintus 9:7).
Respon orang percaya akan berkat Tuhan akan menentukan berkat-berkat selanjutnya. Jadikan hidup ini sebagai ladang invetasi bagi Tuhan atau dengan kata lain jadikan hidup ini dapat menguntungkan Kerajaan Surga. Tuhan sangat merindukan anak-anakNya belajar untuk menang didalam pergumulan keuangan  sehingga pergumulan-pergumulan yag lainnya dapat menang. Beberapa ayat di dalam Perjanjian Baru yang memuat tentang menabur atau mempersembahankan sesuatu kepada Tuhan Mat 6:21, Luk 12:34 dan 2 Kor 9:6-7. Anak Tuhan harus menabur di tempat yang subur artinya tempat dimana uang itu atau harta benda yang dipersembahkan itu di jalankan dengan benar sesuai dengan Firman Tuhan, maka secara otomatis mempengaruhi kehidupan orang percaya dan mengalami pertumbuhan dalam kehidupan baik secara jasmani maupun secara spiritual.
Dalam memberikan persembahan persepuluhan bukan dengan sebuah rutinitas atau hanya memenuhi kewajiban sebagai orang kristen, tetapi alangkah lebih baiknya dengan rasa kagum, harus dengan pengertian dan penuh ucapan syukur bahwa apa yang diberikan tidak sebanding dengan apa yang Tuhan sudah berikan. Jika setiap anak-anak Tuhan memiliki prinsip itu maka dapat dipastikan pekerjaan atau visi Tuhan di bumi akan terlaksana dengan kuat.
Ada begitu banyak anak-anak Tuhan yang tidak membayar persembahan persepuluhan,ada 2 beberapa faktor yaitu tidak diajarkandidalam gereja tempat mereka beribadah dan lebih mengutamakan kebutuhan pribadi atau keluarga dengan jalan berpikir bahwa kalau diberikan untuk persembahan persepuluhan pasti tidak akan mecukupi untuk hidupnya dan itu merupakan sesuatu yang keliru.
BAB IV
KESIMPULAN

            Gerakan Kharismatik, Teologi Kelimpahan dan Persemahan Persepuluan adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Di dalam gerakan kharismatik terdapat persembahan persepuluhan dan sangat mempercayai tentang kehidupan yang penuh dengan kelimpahan. Apa yang terjadi dari awal munculnya gerakan kharismatik hingga saat ini semuanya terjadi secara nyata tanpa sedikitpun menyimpang dari Akitab sebagai panduan utama. Adanya karunia-karunia, terjadi mujizat-mujizat yang teradi secara supranatural hingga kepada terjadinya terobosan-terobosan besar dalam waktu singkat, itu dapat membuktikan kepada dunia bahwa Yesus adalah Tuhan yang hidup dan nyata yang tidak berubah baik dahulu, sekarang, besok dan sampai selama-lamanya. Tujuan utama dari gereja-gereja yang tergabung dalam gerakan kharismatik hanya satu yaitu jiwa-jiwa diselamatkan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARAKTER SORANG HAMBA TUHAN

MENUJU KEESAAN GEREJA

NATUR GEREJA